Petua Pemakanan Sihat Untuk Bayi Dan Kanak-Kanak


Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak mereka. Beberapa jenis makanan diketahui dapat membantu perkembangan otak , selain juga dapat memperbaiki fungsi, daya ingat serta konsentrasi.

Menurut Bethany Thayer, seorang pakar nutrisi dari Detroit yang juga jurucakap American Dietetic Association (ADA), otak adalah salah satu organ yang "sangat kelaparan". Otak adalah organ pertama dari tubuh yang menyerap nutrisi dari makanan yang kita santap sehari-hari.

Oleh itu, penting memberikan makanan nutrisi yang tepat kepada anak-anak. Perihal ini sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak mereka.

Berikut adalah 9 jenis makanan yang direkomen oleh para ahli untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak :

1. Ikan

  • Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon.
  • Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. 
  • Faktanya, beberapa kajian juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pemikiran yang tajam. 


2. Telur

  • Jenis makanan ini sangat mudah dan murah, tetapi sangat bergizi. 
  • Telur merupakan sumber protein. 
  • Kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. 
  • Biasakan secara rutin memberikan sarapan atau makan malam yang sehat dengan menu yang terbuat dari telur.  


3. Selai kacang 

  • Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel - sel otak terhadap radikal bebas terutama kacang macadamia dan almond. 
  • Untuk hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.


4. Sayuran bewarna

  • Tomato, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. 
  • Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. 
  • Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya.  
  • Beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanser.


5. Oat/Oatmeal

  • Oat ini adalah salah satu bahan yang terkandung dalam sereal yang digemari anak-anak. 
  • Makanan ini mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. 
  • Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal. 


6. Buah beri

  • Buah seperti strawberi, blueberi dan blackberi kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C . 
  • Kajian  menunjukan bahawa buah beri dapat memperbaiki daya ingat.


7. Kacang hijau

  • Makanan ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak mengingat  nutrisinya yang sangat lengkap.  
  • Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubun dan perkembangan otak.


8. Susu dan yogurt

  • Produk susu termasuk di dalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. 
  • Yogurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.
  • Penelitian terbaru juga menunjukkan, anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.  
  • Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.


9. Daging sapi bebas lemak

  • Makanan ini adalah sumber zat besi yang dapat membantu membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. 
  • Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik zat besi karena mudah diserap oleh tubuh. 
  • Faktanya, satu ons daging sapi setiap hari membantu tubuh menyerap zat ebsi dari sumber makanan lainnya.
  • Daging sapi juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat.
Sumber : health.kompas.com

Comments